Blog

JANGAN SAMPAI PPKM DARURAT JAWA-BALI SIA-SIA!

ppkm
Publikasi

JANGAN SAMPAI PPKM DARURAT JAWA-BALI SIA-SIA!

Bantu kami menandai Bapak Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi @luhut.pandjaitan selaku Koordinator PPKM Darurat untuk Pulau Jawa dan Bali untuk menyampaikan rekomendasi kami mengenai PPKM Darurat Jawa-Bali melalui audiensi yang akan dilaksanakan!

Latar Belakang: Kebijakan PPKM Darurat Jawa-Bali

Kamis, 1 Juli 2021, pemerintah resmi mengumumkan kebijakan PPKM Darurat tertanggal 3 Juli s.d. 20 Juli 2021 untuk Pulau Jawa dan Bali. Hal ini dilakukan karena kasus Covid-19 yang terus meningkat secara tajam, terutama sejak libur lebaran Idul Fitri 2021

Beberapa aturan PPKM Darurat, yang disadur dari konferensi pers Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) terkait PPKM Darurat Jawa-Bali pada 1 Juli 2021 yaitu 100% Work from Home untuk sektor non-esensial, seluruh kegiatan belajar mengajar dilakukan secara online/daring, penutupan sementara pusat perbelanjaan/mall/pusat perdagangan, tempat ibadah, fasilitas umum, kegiatan seni/budaya, olahraga dan sosial kemasyarakatan, serta beberapa kebijakan lainnya.

Dampak pengetatan aktivitas bagi masyarakat

Berbagai kebijakan dalam menanggapi kasus Covid-19 di Indonesia telah dikeluarkan oleh Pemerintah Republik Indonesia. Kebijakan tersebut tentu membawa dampak positif dalam hal pengendalian jumlah kasus Covid-19 di Indonesia, tetapi juga berdampak buruk pada masyarakat terutama masyarakat kecil akan pencaharian mereka. Badan Pusat Statistik (2021) mencatat persentase penduduk miskin di Indonesia naik pada bulan September 2020 mencapai angka 10,19%, naik 0,41% dari bulan Maret 2020.

Prinsip penanganan pandemi

Pada prinsipnya, pandemi Covid-19 perlu ditangani dengan dilaksanakannya tracing, testing, dan treatment atau yang dikenal dengan 3T. Riset di Korea Selatan (Park, et al, 2020) menyebutkan bahwa penanganan Covid-19 dengan metode 3T mampu membuat effective reproduction number atau (Rt) Covid-19 di Korea Selatan di bawah angka 1.

Riset di Rumah Sakit Universitas Indonesia (Hidayat, et al, 2021) menunjukkan bahwa positive rate dari contact tracing hampir tiga kali lipat dibanding testing swab massal, yaitu 20,1% dibanding 7,8%. Tracing tiga tahap yang dilakukan untuk 12 dari 154 staf rumah sakit yang memiliki hasil positif pada tes PCR berhasil menemukan tambahan 71 kasus positif.

Situasi tracing dan testing di Indonesia

Jumlah testing Covid-19 di Indonesia dari 1-30 Juni 2021 berada pada kisaran 54 ribu hingga 84 ribu per hari. Lonjakan jumlah testing terjadi mengikuti lonjakan penemuan kasus baru dimulai dari sekitar tanggal 8 Juni 2021 saat penemuan kasus baru mulai meningkat. Walau begitu, masih banyak daerah di Indonesia yang tidak memiliki transparansi data testing yang dilakukan. Beberapa daerah juga masih memiliki angka testing yang rendah.

Rekomendasi untuk menyukseskan PPKM Darurat

  1. Mengambil batas tertinggi pemeriksaan pada satu kasus positif yaitu 30 pemeriksaan sebagai batas minimal tracing pada satu kasus, kecuali pada situasi dimana kasus tidak mencapai kontak dengan 30 orang.
  2. Jumlah testing harus mencapai angka yang ideal untuk masing-masing provinsi. 
  3. Pemerintah perlu memonitor dan evaluasi dengan ketat untuk pelaksanaan 3T terutama tracing dan testing di daerah
  4. Anggaran kesehatan seharusnya sangat difokuskan untuk insentif tenaga kesehatan DAN menambah sumber daya manusia dan alat kesehatan untuk optimalisasi tracing dan testing di daerah-daerah.

Penutup

Kami sangat setuju untuk kebijakan PPKM darurat diberlakukan. Namun, kami tidak ingin adanya pengetatan aktivitas ini hanya untuk menurunkan atau memperlambat kenaikan kasus harian Covid-19 saja. Sudah seharusnya momentum PPKM Darurat ini dimanfaatkan sebaik mungkin untuk memasifkan 3T.

Kami sebagai mahasiswa kedokteran tidak ingin negara kami terus menerus berlarut-larut menangani pandemi ini dan bagaikan menghitung jumlah tenaga kesehatan yang meninggal setiap harinya.

Semoga pandemi Covid-19 cepat hilang dari Indonesia dan negara kita dapat terus maju kedepannya berkat penanganan yang baik dari Pemerintah Republik Indonesia.

Yuk! Baca kajian dan rekomendasi selengkapnya pada https://s.id/PPKM-ISMKI

Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
  • Attributes
  • Custom attributes
  • Custom fields
Click outside to hide the compare bar
Compare